Optimalkan Pengelolaan Pengunjung pada Perusahaan dengan Visitor Management System

Umumnya penerimaan tamu di Indonesia sangatlah beragam. Dari keberagaman ini kita dapat mengkategorikan pengunjung sebagai pelanggan, dimana pelayanan yang baik menjadi salah satu prioritas yang wajib diberikan demi kenyamanan dan keberlangsungan bisnis yang baik.

Peningkatan kualitas pengalaman pengunjung menjadi hal mutlak yang wajib diberikan oleh industri B2C (Business to Consumer) seperti di perbankan, asuransi, kesehatan, penjualan dan sebagainya. Industri tersebut berhubungan langsung dengan pelanggan, sehingga indeks kepuasan pelanggan menjadi hal utama bagi mereka. 

Dewasa ini, transformasi digital telah membawa industri B2B (Business to Business) mengadopsi konsep yang sama, dimana peningkatan kualitas pengalaman pengunjung menjadi prioritas mereka.

Di Indonesia, cara berpengunjung terbagi berdasarkan dari jenis operasional perusahaan, misalnya perusahaan industri. Umumnya, metode berpengunjung yang dilakukan pada perusahaan seperti:

  • Mengisi buku pengunjung
  • Face recognition
  • Kartu pengenal pengunjung
  • Pengecekan suhu tubuh
  • Mengisi Form data pengunjung 
  • Dan lain sebagainya

Untuk meminimalisir terjadinya hal hal yang tidak diinginkan akibat potensi bahaya yang mungkin dapat terjadi dan juga meminimalisir terjadinya human error, perusahaan memiliki aturan umum bagi pengunjung yang berkunjung ke perusahaan

Setiap perusahaan memiliki standar SOP tersendiri untuk menerima pengunjung nya. Berbagai cara dan prosedur setiap perusahaan tentu berbeda, dimulai dari mengisi data pengunjung, dan lainnya.

Hingga saat ini, kerap kali kita menemukan , tidak sedikit perusahaan yang masih menggunakan form builder yang tidak dikhususkan untuk mengelola atau mempermudah pendataan pengunjung. Seperti yang kita ketahui, beberapa form builder merupakan aplikasi berbasis web dan mobile yang memiliki fungsi hanya sebatas pengumpul data dalam bentuk formulir. 

Beberapa fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan pada teknologi form builder dalam pengelolaan pengunjung seperti dapat mengajukan berbagai jenis pertanyaan. Data hasil jawaban yang diberikan oleh pengunjung nantinya dapat tersimpan secara aman pada file yang terintegrasi otomatis. Selain itu, beberapa form builder juga dapat menyajikan data responden yang bervariasi dalam bentuk visualisasi chart, diagram, dan lain-lain.

Dari fitur-fitur tersebut tentunya akan muncul pertanyaan, apakah fitur-fitur tersebut sudah cukup menjawab untuk kebutuhan bisnis Anda dalam pengelolaan pengunjung? Jika Anda masih bingung apa saja yang dibutuhkan oleh bisnis  Anda agar pengelolaan pengunjung lebih optimal, berikut sedikit referensi yang bisa Anda gunakan : Fitur yang Harus Ada Di Visitor Management System Anda.

Terbatasnya fitur yang diberikan oleh form builder, khususnya dalam hal pengelolaan pengunjung tentunya mengharuskan Anda untuk memilih alternatif lain untuk mengelola pengunjung pada bisnis Anda.

Berdasarkan kebutuhan dari bisnis pada umumnya, bisa kita pastikan bahwa Visitor Management System adalah jawaban untuk pengelolaan pengunjung. Bukan hanya custom form saja yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Beberapa fitur yang menjadi alasan mengapa perusahaan Anda seharusnya menggunakan Visitor Management System dibandingkan dengan beberapa form builder. 

1. Custom Form.

Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa memodifikasi form berdasarkan tipe pertanyaan yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah seperti menambahkan dokumen health declaration yang wajib diisi pengunjung atau dokumen pelengkap lainnya sebagai syarat bertamu pada lingkungan perusahaan Anda.

2. Fleksibilitas & Terintegrasi

Fleksibilitas yang diberikan dapat memudahkan Anda untuk mengintegrasikan teknologi/sistem keamanan yang telah Anda miliki sebelumnya, seperti door access, CCTV, 

3. Kaya dengan Fitur Pendukung

Beberapa fitur penting untuk kebutuhan pengelolaan pengunjung Anda biasanya sudah built-in pada Visitor Management System, beberapa diantaranya adalah Sensor Suhu Tubuh, Estimasi Kepadatan Kerumunan, Dashboard Report, hingga Pengenalan Wajah dan Deteksi Penggunaan Masker.

Untuk lebih jelasnya, berikut perbandingan antara Form Builder dengan Visitor Management System

Item Form Builder Visitor Management System
Form Kuesioner Ada Ada
Rekap Isian Data Ada Ada
Eksekutif Dashboard dan Analisa Perilaku Pengunjung Tidak Ada Ada
Integrasi dengan Sistem Keamanan Lainnya  Tidak Ada Ada
Dukungan Purna Jual Pengelolaan Pengunjung  Tidak Ada Ada

Kesimpulan

Penggunaan Custom Form yang dimiliki oleh beberapa form builder mampu memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Namun, seringkali ditemukan bahwa penggunaan form builder bukanlah tools yang efektif apabila Anda membutuhkan kustomisasi yang cukup besar untuk melakukan pendataan pengunjung pada perusahaan Anda. Oleh karena itu dibutuhkannya Visitor Management System yang memiliki fleksibilitas tinggi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Anda dapat mencoba langsung aplikasi Visitor Management System pertama di Indonesia secara gratis, yaitu Caliana.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Join our newsletter and get 20% discount
Promotion nulla vitae elit libero a pharetra augue

Register Caliana QR Code Guest Register

×