Pentingnya Penerapan Visitor Management System pada Industri Manufaktur

Beberapa Industri saat ini mulai mengadopsi secara permanen trend work from home ataupun hybrid working. Namun, ada beberapa industri tertentu yang kesulitan dalam menerapkan metode ini, salah satunya yaitu industri manufaktur. Kita sepakat bahwa beberapa jenis pekerjaan dalam industri manufaktur mewajibkan karyawannya untuk tetap datang ke area kerja. Tentu saja ini menjadi tantangan tersendiri, dimana perusahaan-perusahaan ini harus memastikan SOP tertentu untuk keselamatan karyawan maupun pengunjung.

Selain permasalahan diatas, salah satu masalah utama yang dihadapi oleh industri manufaktur adalah kurang terkontrolnya data pengunjung yang memasuki area kerja, untuk menjawab hal ini pastinya dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengotomatisasi proses pendataan pengunjung, salah satunya adalah implementasi Visitor Management System.  

Visitor Management System sendiri memiliki peran yang cukup penting untuk jenis industri manufaktur. Berikut alasan kenapa seharusnya industri manufaktur mulai menggunakan Visitor Management System :

Kontrol Penuh Terhadap Pengunjung

Dengan cara yang “tradisional” tiap pengunjung bisa dengan bebas menggunakan data palsu dalam memasuki area kerja. Dengan sistem manajemen pengunjung atau Visitor Management System, Anda bisa dengan mudah mengatasi masalah diatas. Berikut beberapa benefit pengimplementasian VMS untuk industri manufaktur :

  • Registrasi visitor berbasis digital.
  • Verifikasi visitor secara akurat berbasis wajah & eKTP.
  • Kategorisasi pengunjung dengan mudah.
  • Tandatangan digital untuk setiap dokumen (NDA, Safety Agreement) sebelum setiap pengunjung memasuki area manufaktur.

Melacak Pengunjung secara Real Time

Dapatkan berbagai info demografis dan trafik pengunjung untuk menganalisis dan mengenali siapa pengunjung bisnis Anda. Semuanya cukup beberapa klik saja melalui Dashboard Visitor Management System. Beberapa poin penting yang Anda dapatkan dari implementasi VMS :

  • Monitoring pergerakan visitor secara real time untuk memastikan setiap orang di kawasan manufaktur berada pada area yang sesuai berbasis CCTV dan teknologi Face Recognition.
  • Memberikan alert kepada petugas keamanan / safety officer ketika adanya pengunjung yang masuk ke area/lokasi yang tidak sesuai dengan akses pengunjung. 
  • History tracking yang memungkinkan petugas keamanan/pengelola gedung & area/ safety officer melakukan audit keamanan yang cepat dan mudah ketika ditemukan permasalahan keamanan pada area manufaktur.

Kesimpulan

Sudah saatnya Industri manufaktur untuk menggunakan sistem manajemen pengunjung sebagai tools untuk mengelola pengunjung. Dengan VMS, tugas front-liner hingga petugas keamanan pada industri manufaktur akan semakin dimudahkan. 

Dengan Caliana Visitor Management System, Anda bisa menggunakan fitur-fitur seperti Verifikasi visitor secara akurat berbasis wajah & eKTP hingga Monitoring pergerakan visitor secara real time pada perusahaan Anda. Jadwalkan demo penggunaan Caliana untuk perusahaan Anda pada link berikut.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Join our newsletter and get 20% discount
Promotion nulla vitae elit libero a pharetra augue

Register Caliana QR Code Guest Register

×